Minggu, 27 November 2011

Makalah Na'at


BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
“Na’at” Judul ini saya ambil dengan tujuan agar kita mengetahui  bagaimana susunan kalimat yang benar. Apalagi kita selaku mahasiswa islam yang di dalamnyaterdapat mata kuliah Bahasa Arab, kita seyogyanya harus mengetahui masalah-masalah itu, yaitu susunan kalimat dalam Bahasa Arab yang benar. Supaya benar dalam membaca serta mengartikan Bahasa Arab Tersebut.
Dalam makalah ini, saya juga menjelaskan secara detail tentang Na’at atau sifat, syarat Na’at dan hukum Na’at.

B.  Rumusan Masalah
Dalam makalah ini ada beberapa rumusan masalah yang harus saya jelaskan, diantaranya adalah tentang :
1.      Apa pengertian sifat (Na’at) ?
2.      Apa syarat Na’at ?
3.      Bagaimana hukum Na’at ?

C.  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah agar kita bisa :
1.      Mengetahui pengertian Na’at
2.      Mengetahui syarat Na’at
3.      Mengetahui hukum Na’at


BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Na’at
Na’at adalah tabi’ (lafadzh yang mengikuti) yang musytaq atau muawwal bih yang menjelaskan lafadzh yang diikutinya. Lafadzh yang dimaksud dengan musytaq ialah isim fa’il, seperti ضَا ربٌ , isim maf’ul sepertiمَضْرُوْ بٌ , sifat musyabihat, seperti حسنٌ, isim tafhdil, seperti أعلمُ
Na’at dibagi menjadi dua, yaitu na’at haqiqi dan na’at syababi. Adapun yang dinamakan na’at haqiqi yaitu na’at yang merafa’kan  kepada isim dlamir mustatir yang kembali kepada man’utnya (yang diikiuti) Contohnya :جا ء زيدٌ العا قل . Adapun yang dinamakan na’at syababi yaitu na’at yang merafa’kan isim dlahir yang muttasil (bersambung dengan isim dlamir yang kembali kepada man’utnya), Contoh :  ابوهُ   جَا ءَ زَيدٌ الْعَا قلُ
Yang dimaksud dengan muawwal bil mustaq ialah isim isyarah,
Contoh : مررت بزيد هذ (Aku telah bersua dengan Zaid yang ini) sama dengan  مررت بزيد  الحا ضر , isim mausul , Contohnya : مررت بزيد الذّي قام (Aku telah lewat dengan Zaid yang telah berdiri) sama dengan  المعلوم قيمهُ   مررت بزيدDzu, yang bermakna shaahibin, Contohnya :  برجل ذيْ ما لٍ مررت  (aku telah bersua dengan seorang laki-laki yang mempunyai harta) sama dengan مررت بزيد  صا حب ما ل   
المثل الحو ار:
مروان : فى رأيى أ ن أيام العيد مثل الا يام الا خرى
طا رق : هذ ا خطأ يا مروان . فا ن أستعد للعيد قبله بو قت طو يل. اشتري الملا بس و الحلو ى....
مروان : العيد عندك ملا بس وطعا م فقط
طا رق : لا, ولكن لآ د خل على أهلى السعا دة وليتذ كروا دائما هذه الا يام الجملة ولا ينسوها
مروان : هنك طرق أخر ى للسعا دة : كا لسفر والرحلات
طا رق : أفضل الا قا مة في بلدي – في أيام العيد – ين أهلي و أصد قا ئي أز وهم ويزورنني
مروان :هذ رأيك أما أنا فأفضل الراحة  والهدوء
طارق : إذ ا لم نتذكر أهلنا فى هذه الايا م  السعيدة . فمتى نتذكرهم ؟
مروان : السنة طويلة وايا مها كثير ة
طا رق : لكم دينكم ولي دين.


B.       Syarat-Syarat Na’at
Termasuk ke dalam na’at ialah yang bentuk jumlah (kalimat). Syaratnya ialah hendaknya lafadzh yang disifati dengan jumlah tersebut berupa isim nakirah, seperti Firman-Nya :
(#qà)¨?$#ur $YBöqtƒ šcqãèy_öè? ÏmŠÏù n<Î) «!$# (
Artinya :   Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah.
 (Q.S. Al-Baqarah : 281)
(Man’utnya  lafazh يوما , Na’atnya . ير جعو ن فيه الى الله )
Demikian pula na’at memakai masdar, tetapi ia harus menetapi bentuk mufrad dan tadzkir-Nya (meskipun man’utnya tatsniyah, jamak, atau muannats).
Contoh :
مرر ت برجل عَدْ لٍ    = Aku lewat dengan laki-laki yang adil
مررت بإ مراة  عدلٍ    = Aku lewat dengan seorang wanita yang adil
مرر ت برجلين عدلٍ    = Aku lewat dengan dua orang laki-laki yang adil
مررت برجال عدلٍ     = Aku lewat dengan para lelaki yang adil
 Na’at itu mengikuti man’utnya dalam hal rafa’, nasab, khafadh, ta’rif, dan tankir. Kemudian jika dlamir man’utnya yang dikandung di-rafa’kan, maka na’at  mengikuti pula dalam hal tadzkir dan ta-nits, begitu pula  dalam hal ifrad, tatsniyah, dan jamak, Contoh :
قَامَ زَيْدٍ الْعَا قِلُ            = Telah berdiri zaid yang berakal
رأيت زيد االعاقلَ         = Aku telah melihat zaid yang berakal
مررت زيد العاقلِ        = Aku telah bersua dengan zaid yang berakal
جاء هند العاقلة           = Telah datang hindun yang berakal
رايت هندا العاقلةُ         = Aku melihat hindun yang berakal
مررت بهندٍ العاقلةَ       = Aku telah bersua dengan hindun yang berakal
جا ء رجلٌ عا قلٌ        = Telah datang seorang laki-laki yang berakal
رأيت رجلا عا قلاً      = Aku telah melihat seorang laki-laki yang berakal
مررت بر جل عا قلِ    = Aku telah bersua dengan seorang laki-laki yang berakal.
جاء الزيدان العاقلانِ                = Telah datang kedua Zaid  yang kedua-duanya berakal.
رأيت الزيدين العا قلين              = Aku telah melihat zaid yang kedua-duanya berakal.
مررت با لزيد ين العا قِلَيْنِ = Aku telah bersua dengan dua zaid yang kedua-duanya  berakal.
جاءالزيدون العا قلونَ               = Telah datang para zaid yang semuanya berakal.
رأيت الزيدين العا قِلِيْنَ              = Aku telah melihat para zaid yang semuanya berakal.
مررت با لزيدين العا قلين          = Aku telah bersua dengan para zaid yang semuanya berakal
جا ءت الهندان العا قلتا ن           = Telah datang dua Hindun yang kedua-duanya berakal.
رأيت  الهندين العاقلتين              = Aku telah melihat dua hindun yang kedua-duanya berakal.
مررت با الهندين العاقلتين = Aku telah bersua dengan dua hindun yang kedua-duanya berakal.
جا ء ت الهندات العا قلاتُ         = Telah datang para hindun yang semuanya berakal.
رأيت الهندات العا قلا تِ            = Aku telah melihat para hindun yang semuanya berakal.
مررت بلهندات العا قلات        = Aku telah bersua dengan para hindun yang semuanya berakal.
Jika Na’at merafa’kan isim Zhahir atau dhamir bariz, maka keadaan man’utnyatidak diperhatikan, meskipun dalam bentuk tadzkir, ta-nits, ifrad, tatsniyah dan jamak, melainkan kedudukan na’at menjabat sebagai fi’il.
C.      Hukum-Hukum Na’at
Apabila fa’il Na’at itu muannast, maka na’atnya di ta-nistkan sekalipun man’utnya mudzakkar seperti : مررت برجل حسنة امه (Aku telah bersua dengan seorang laki-laki yang ibunya baik). Dan apabila fa’il na’atnya itu mudzakkar, maka na’atnya dimudzakkarkan pula sekalipun man’utnya berupa muannast, seperti :
مررت با مراة قا ئم ابو ها (aku telah bersua dengan seorang wanita yang ayahnya berdiri).
Akan tetapi, na’at yang memakai lafazh yang berbentuk mufrad, ia tidak boleh di tatsniyah-kan dan tidak boleh pula dijamak-kan. Contoh :
جا ء زيد القعمة أمه = Telah datang zaid yang ibunya sedang berdiri  (Fa’il lafazh القا ئمة adalah lafazh امه ).
جأت هند القائم ابو ها               =  Telah datang hindun yang ayahnya sedang berdiri.
مرر ت برجل قا ئمة امه          =  Aku telah bersua dengan seorang laki-laki yang ibunya 
                                             sedang berdiri.
مررت با مراة قا ئم ابوه           = Aku telah bersua dengan seorang wanita yang ayahnya
                                             Berdiri.
مرر ت برجلين قا ئم ابو هما      = Aku telah bersua dengan laki-laki yang ayah-ayah
                                             keduanya sedang berdiri.
مررت برجل قا ئم أبا ؤهم         =  Aku telah bersua dengan para laki-laki yang ayah-ayah
                                             Mereka sedang berdiri.
            Hanya saja imam Sibawaih mengatakan dalam masalah bia isim yang dirafa’kan  oleh na’atnya berupa jamak, seperti contoh terakhir, yang lebih baik bagi na’at hendaknya ia diketengahkan dalam bentuk jamak taksir. Contoh :
مررت برجا ل قيام أبا ؤهم        = Aku telah bersua dengan para laki-laki yang ayah-ayah
                                             mereka sedang berdiri semuanya.
مررت برجل قعو د غلما نه       = Aku telah bersua dengan seorang laki-laki yang para
                                            pelayannya sedang duduk semuanya.
Hal itu lebih fasih dari pada contoh :
قا ئم أ با ؤ هم            = Sedang berdiri ayah-ayah mereka.
قا عد غلما نه             = sedang duduk para pelayannya.
Sedangkan bentuk ifrad adalah lebih fasih ketimbang jamak salim, contoh :
مررت برجل قا ئمين أبا ؤهم      = Aku bersua dengan para laki-laki yang ayah-ayah mereka
                                             sedang berdiri semuanya
مررت برجل فا عدين غلمنه       =  Aku bersua dengan para laki-laki yang pelayannya sedang
                                             duduk semuanya.
     Demikian contoh=contoh na’at yang merafa’kan isim zhahir, sedangkan contoh na’at yang merada’kan dhamir bariz, misal :
جا ء ني غلام امراة ضا ر بته هى= Telah datang kepadaku pelayan seorang wanita yang
                                             telah dipukul olehnya. (yakni si pelayan dipukul wanita itu)        
جا ء تنى أمه رجل ضا ربها هو     = Telah datang kepadaku pelayan wanita seorang laki-laki
                                                 yang telah dipukul olehnya.       
جاءن غلام رجلين ضا ربه هما       = Telah datang kepadaku peayan dua orang laki-laki yang 
                                                  telah dipukuli oleh keduanya.
  جاء ن غلام رجا ل ضا ربه هم                 = Telah datang kepadaku pelayan para laki-laki yang 
                                                  telah dipukuli oleh mereka.
BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Dari uraian  di atas yang menjelaskan tentang na’at atau sifat, maka dapat disipulkan bahwa :
a.       Na’at adalah tabi’ (lafazh yang mengikuti musytaq atau muawwal bih yang menjelaskan lafazh yang diikutinya.
b.      Syaratnya Na’at ialah hendaknya Na’at yang disifati dengan jumlah tersebut berupa isim Nakirah.
c.       Ada beberapa hukum na’at, yaitu :
1.      Apabila fai’il na’at itu Muannats, maka na’atnya di ta’niskan sekalipun man’utnya berupa mudzakkar.
2.      Apabila fai’il na’at itu Mudzakkar maka na’atnya di Mudzakkarkan pula sekalipun man;utnya muannats.
3.      Apabila na’at hanya memakai lafadzh yang berbentuk mufrad, ia tidak boleh di tasniyahkan dan tidak boleh dijama’kan.
B.  Kritik dan Saran


DAFTAR PUSTAKA

-       Abdul Aziz, Nashif Musthofah. Al-Arabiyah Nasyi’rin jilid 3 احمد الفا كهى شيح عبدالله بن
-       Araa’ini Muhammad, Syamsuddin Syeh, Terjemahan mutammimah Ajjurumiyah, Sinar Baru Algesindo. 2009
-       Mutammimah Al-Jurumiyah, Darul Ikhya’ Al-Kitab Al-Arabiyah. Tt
-       Sunarto Ahmad, Terjemahan Kitab Al-Jurumiyah, Pustaka Amani, Jakarta, 1414 H




Tidak ada komentar:

Posting Komentar